Minggu, 10 Januari 2016


Kata ‘ujian’ menjadi kata yang paling menyeramkan di kalangan pelajar. Setiap mendengar kata keramat itu rasanya keringat dingin mengucur deras, hati berdegup kencang, badan gemetar, bibir pecah-pecah, dan gejala-gejala aneh lainnya. Tak terkecuali mahasiswa IKOPIN. Dua minggu ini, Ujian Akhir Semester ganjil sedang dilaksanakan. Banyak sekali mahasiswa yang gencar mencari sumber referensi dan materi-materi kuliah agar bisa menjawab soal-soal ujian dengan baik dan benar. Tapi, modal hafal dan niat doang belum cukup. Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa kamu aplikasikan agar belajar kamu lebih mantep dan mental kamu lebih siap dalam menghadapi ujian. Check it out!

Buat komitmen soal waktu belajarmu
Gak cuma hubungan yang membutuhkan komitmen, tapi soal belajar pun butuh komitmen. Luangkan beberapa jam waktumu untuk belajar. Tapi ingat, beberapa jam tersebut harus benar-benar kamu gunakan untuk belajar sebaik-baiknya. Istirahatlah selang 30 menit sekali untuk me-refresh pikiran kamu dan menjaga agar matamu tidak lelah. Setelah istirahat selama 5-10 menit fokuskan kembali perhatianmu pada mata kuliah yang sedang kamu pelajari.

Bagi waktu belajarmu
Beri waktu lebih banyak untuk mata kuliah yang kamu anggap sulit, dan waktu secukupnya untuk mata kuliah yang telah kamu pelajari. Hal ini akan bermanfaat untuk melihat dimana potensimu yang sebenarnya. Waktu yang lebih lama untuk mata kuliah yang lebih sulit bisa kamu gunakan untuk browsing, atau minta seseorang untuk menjadi tutormu.

Jawab dengan sistematis
Kadang kala kita terlalu bersemangat untuk menjawab soal-soal essai yang diberikan hingga lupa ada beberapa poin penting yang terlewat. Ketika kamu mau menambahkan jawabanmu, tidak ada ruang lagi karena di bawahnya sudah ada jawaban soal lain. Waduh, gimana nih? Alhasil kamu tulis di belakang ‘lanjutan nomor sekian’. Nah, justru ‘jawaban tambahan’ ini bikin dosen agak pusing juga lho. Nah, usahakan sebelum menjawab, pikirkan terlebih dahulu garis besar jawabanmu. Tulis poin-poin pentingmu dengan teliti agar tidak ada jawaban yang terlewat lagi. Hal ini juga bisa memudahkan dosen yang memeriksa hasil ujianmu karena satu lembar jawaban hanya dibaca sekitar 10-15 menit. Gak mau dong kalau jawaban tambahan kamu yang sebenarnya oke banget jadi kelewat dan gak diperiksa?

Pelajari soal tahun lalu dan apa yang diajarkan di kelas
Biasanya, soal-soal dari dosen itu tidak akan berbeda jauh dengan soal tahun lalu. Cari soal tahun lalu dan pelajari dengan baik. Namun, jangan jadikan ini sebagai satu-satunya pegangan kamu. Pahami juga apa saja yang telah diajarkan di dalam kelas karena pasti materi-materi yang diajarkan akan keluar di ujian.

Jangan panik
Dua jam yang sunyi dihadapkan dengan beberapa butir soal yang kadang-kadang sulit untuk dijawab. Tapi, jangan panik. Tetaplah tenang dan mengingat-ingat kembali materi yang telah kamu pelajari. Setelah ujian, jangan diskusikan jawabanmu dengan teman karena jika ada jawaban yang berbeda bisa membuat kamu panik dan menyesal dengan jawabanmu sendiri.

Bawa catatan kecil (jika diperbolehkan/ open book)
Ujian open book bagaikan surga dunia bagi para mahasiswa. Tapi, jangan senang dulu. Seringkali soal-soal dalam ujian open book itu adalah soal kasus. Bawalah catatan yang secukupnya, tulislah poin-poin penting dari setiap bab dan aplikasikan pada kasus yang tertera pada soal.

Sarapan sebelum ujian
Seringkali sarapan dianggap remeh oleh banyak mahasiswa. Meskipun kamu punya jadwal ujian pagi, tetap jangan lewatkan sarapan karena sarapan itu sangat penting untuk mendongkrak kemampuanmu berpikir jernih dan menjaga kesehatanmu. Usahakan sediakan roti di kosanmu dan sempatkan makan dulu sebelum berangkat ke kampus karena mengerjakan ujian dengan perut yang kosong hanya akan mengganggu konsentrasimu.

Oke, itu dia beberapa tips yang bisa kamu aplikasikan dalam mempersiapkan ujian. Ingat, jangan berbuat kecurangan dalam bentuk apapun. Percayalah pada diri sendiri, percayalah pada kemampuanmu sendiri. Karena ujian ini sebenarnya berguna untuk dirimu, bukan dosen atau teman-temanmu. Tetap semangat dan lakukan yang terbaik!

Salam Ikopiners! :)

Written by: @icayacaya


Leave a Reply

Jika berkenan, silakan tulis komentar anda mengenai ini :

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Jam

Popular Post

i-kopin Online Shop. All Right Reserved (C) 2013. Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Ikopinshop Official Blog -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by ikopinshop -